Alam Berbicara: Christine Hakim sebagai Ibu Pertiwi

http://www.conservation.org
http://www.conservation.org

Aku Alam, Akulah Ibu Pertiwi.

Manusia memanggilku Alam, sebagian dari mereka mengenalku sebagai Ibu Pertiwi.

Aku sudah ada sejak lebih dari empat setengah miliar tahun yang lalu.

Dua puluh dua ribu lima ratus kali lebih lama darimu.

Aku tidak benar-benar membutuhkan manusia, tapi manusia perlu aku.

Ya, masa depanmu tergantung padaku.

Ketika aku tumbuh, kamu juga tumbuh.

Ketika aku goyah, kamu juga akan goyah atau bahkan lebih buruk (?)

Aku sudah ada di sini sejak beribu-ribu tahun yang lalu.

Aku pernah memberi makan makhluk yang jauh lebih besar darimu, dan

Aku juga pernah membuat makhluk yang jauh lebih besar darimu itu kelaparan.

Lautanku, tanahku, aliran sungaiku, hutanku;

Mereka semua dapat menolong ataupun meninggalkanmu.

Bagaimana kamu memilih untuk hidup, apakah kamu menganggapku,

ataupun mengabaikanku?

Semua itu tidak penting bagiku.

Yang pasti, perilakumu,

itulah yang akan menentukan nasibmu, bukan nasibku.

Akulah alam semesta.

Aku terlahir untuk berkembang.

Aku akan bertahan sampai akhir nanti.

Kamu? Bagaimana?

Tulisan ini diadopsi dari Film Mother Nature yang diproduksi oleh CI Indonesia.

Saya mencoba sedikit memodifikasinya dengan bahasa saya sendiri agar terkesan lebih informal.

Penghargaan dan atribusi harus ditujukan kepada artis, tim, pengarang, produser, dan karya aslinya.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=fg9g2i9KJlU

Diterbitkan oleh

Salatigantara

Iman, Pengharapan, dan Kasih

Bagaimana menurut anda?

