Michi-no-Eki Jepang inspirasi Anjungan Cerdas Bendungan Tugu Trenggalek 2017

@regrann from @rizalwre08 - site bendungan tugu tampak atas with drone #picdrone#
@regrann from @rizalwre08 – site bendungan tugu tampak atas with drone #picdrone#

Selayang Pandang

Michi-no-Eki adalah tempat istirahat di pinggir jalan bagi para pengemudi di seluruh Jepang. Michi-no-Eki yang terletak di sepanjang jalan raya nasional dan memberikan ruang bebas parkir, toilet, dan informasi daerah dan wisata bagi wisatawan yang melintas.

Saat ini ada lebih dari 1.000 lokasi di seluruh Jepang.

(michi-no-eki.jp, 8 Maret 2017)

Anjungan Cerdas di Bendungan Tugu direncanakan dibangun di atas tanah seluas 4,6 hektar. Tanah tersebut terdiri dari 2,4 hektar yang disediakan Ditjen Sumber Daya Air (SDA) dan ditambah tanah yang dibebaskan BPIW seluas 2,2 hektar.

(pu.go.id, 16 September 2016)

Anjungan Cerdas direncanakan akan dibangun secara multiyear di lahan seluas 3-5 hektar dan diperkirakan membutuhkan dana sekitar Rp 70 miliar untuk satu anjungan.

(bpiw.pu.go.id, 1 Maret 2016)

Desain Rest area dilengkapi dengan adanya toko cinderamata dan makanan serta pemandangan alam.

(Public Works Research Institute – PWRI, 2017)

Pemerintah Jepang menggunakan teknologi drone untuk pemetaan cepat lokasi longsor pada daerah bencana.

(Fritz, 2016)

 

Solusi Penanganan

Salah satu solusi yang wajib ditempuh untuk penanganan longsor adalah pembangunan system monitoring dan peringatan dini longsor.

(Liao et al., 2010)

Restorasi hutan pada tebing dengan spesies tanaman yang berakar dalam dan menembus bidang longsor wajib dilakukan. Terutama pada daerah kaki lereng. Pada tengah lereng, kedalaman longsor sangat besar sehingga sulit dijangkau oleh akar tanaman.

(Chen, Wu and Lin, 2014)

Mekanisme cut and fill dari lereng yang berpotensi longsor adalah solusi yang umum dilakukan namun membutuhkan biaya yang cukup besar. Selain itu, material timmbunan memerlukan treatment khusus agar tidak masuk ke dalam area calon waduk.

(Jiang et al., 2016)

Solusi lain adalah dengan memasang anti sliding pile di kaki lereng yang berpotensi longsor tipe gelincir. Tembok ini berfungsi mencegah gelincir dengan menahan kaki lereng.

(Meng et al., 2010)

Lokasi bidang gelincir dari tebing wajib dianalisis agar dapat diketahui massa lereng yang akan longsor. Hal yang berbahaya adalah jika jalan/ lahan yang dilindungi terletak di atas bidang gelincir. Hal ini menunjukkan resiko bahwa objek yang dilindungi berpotensi ikut tergeser jika terjadi longsor.

(Nie, Zhang and Jian, 2011)

Tindakan pencegahan longsor adalah mengurangi beban berat lereng, meningkatkan daya tahan lereng terhadap gaya geser, dan mengurangi tekanan hidrostatis pada lereng. Secara praktis, hal yang dapat dilakukan adalah membuat struktur penahan longsor, pemasangan angkur, tiang pancang kumulatif, membuat saluran drainase bawah permukaan, terasering, dan sebagainya.

(Ding and Wang, 2009; Sun et al., 2010; Qin, Tu and Ge, 2012; Wang, Fu and Zhao, 2012; Zhang et al., 2017)

 

Daftar Pustaka

Chen, Y.-C., Wu, C.-F. and Lin, S.-H. (2014) ‘Mechanisms of Forest Restoration in Landslide Treatment Areas’, Sustainability, 6(10), pp. 6766–6780. doi: 10.3390/su6106766.

Ding, Y. and Wang, Q. (2009) ‘Remediation and analysis of kinematic behaviour of a roadway landslide in the upper Minjiang River, Southwest China’, Environmental Geology, 58(7), p. 1521. doi: 10.1007/s00254-008-1653-x.

Fritz, A. (2016) Drone video over Japan earthquake site shows massive landslides and fractured Earth – The Washington Post, Washington Post. Available at: https://www.washingtonpost.com/news/capital-weather-gang/wp/2016/04/18/drone-video-over-japan-earthquake-site-shows-massive-landslides-fractured-earth/?utm_term=.f6e87b3c7ad3 (Accessed: 8 March 2017).

Jiang, Q., Wei, W., Xie, N. and Zhou, C. (2016) ‘Stability analysis and treatment of a reservoir landslide under impounding conditions: a case study’, Environmental Earth Sciences, 75(1), p. 2. doi: 10.1007/s12665-015-4790-z.

Liao, Z., Hong, Y., Wang, J., Fukuoka, H., Sassa, K., Karnawati, D. and Fathani, F. (2010) ‘Prototyping an experimental early warning system for rainfall-induced landslides in Indonesia using satellite remote sensing and geospatial datasets’, Landslides, 7(3), pp. 317–324. doi: 10.1007/s10346-010-0219-7.

Meng, Y., Chai, H., Li, H. and Li, C. (2010) ‘Mechanism Analysis and Treatment Study of Modui Landslide in No. 317 National Highway’, in ICCTP 2010. Reston, VA: American Society of Civil Engineers, pp. 2983–2990. doi: 10.1061/41127(382)317.

Nie, L., Zhang, M. and Jian, H. Q. (2011) ‘Study on the Mechanism of the Landslide of Heda Expressway K377’, Advanced Materials Research, 255–260, pp. 3437–3443. doi: 10.4028/www.scientific.net/AMR.255-260.3437.

Public Works Research Institute – PWRI (2017) Research outline – Public Works Research Institute, PWRI. Available at: http://www.pwri.go.jp/eng/about/pr/webmag/wm030/kenkyu.html (Accessed: 8 March 2017).

Qin, F. Y., Tu, J. S. and Ge, Q. Y. (2012) ‘Study on Retaining Work of the Engineering Landslide’, Applied Mechanics and Materials, 166–169, pp. 2566–2569. doi: 10.4028/www.scientific.net/AMM.166-169.2566.

Sun, H., Wong, L. N. Y., Shang, Y., Shen, Y. and Lü, Q. (2010) ‘Evaluation of drainage tunnel effectiveness in landslide control’, Landslides, 7(4), pp. 445–454. doi: 10.1007/s10346-010-0210-3.

Wang, S. F., Fu, Y. P. and Zhao, X. (2012) ‘Experimental Research on Failure Mode of Micro-Pile in Landslide Reinforcement’, Applied Mechanics and Materials, 226–228, pp. 1338–1342. doi: 10.4028/www.scientific.net/AMM.226-228.1338.

Zhang, M., Nie, L., Li, Z. and Xu, Y. (2017) ‘Fuzzy multi-objective and groups decision method in optimal selection of landslide treatment scheme’, Cluster Computing. doi: 10.1007/s10586-017-0790-y.

Iklan

Diterbitkan oleh

Salatigantara

Iman, Pengharapan, dan Kasih

Bagaimana menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s